Kamis, 12 Maret 2015

Menghemat Bahan Bakar

Kebiasaan yang menghemat BBM
Oleh Dhani

Selain mengandalkan alat penghemat BBM untuk mengerem motor agar tidak boros meminum BBM, kebiasaan bekendara juga penting untuk langkah berhemat ini. Nah, buat para Bikers yang ingin menghemat BBM sekaligus tetap nyaman berkendara , berikut lima tips yang bisa dilakukan sehari hari.

1.    Jangan terlalu lama memanaskan mesin
Sebelum melakukan perjalanan, sudah menjadi kebiasaan banyak pengendara untuk memanaskan mesin terlebih dahulu, Alasanya agar oli bersikulasi lancar kesemua bagian mesin dan motor pun sepenuhnya siap di gas.
Namun, memanaskan mesin terlalulama justru akan membuat BBM terbuang percuma dan menjadi lebih boros, sebaiknya maks 3 menit untuk memanaskan motor, kalau terlalu lama malah terbuang akan terbuang sia-sia. Toh, teknologi sekarang sudah memiliki sirkulasi oli yang baik.
2.    Rencanakan perjalanan
Sebelum menempuh perjalanan jauh, rencanakan terlebih dahulu jalur yang akan dilalui. Cari jalur2 alternatif untuk menghindari kemacetan di jalur yang akan dilalui , lebih baik ambil jalan agak jauh tapi lancar, daripada harus berkutat dalam kemacetan panjang yang banyak menghabiskan BBM.
3.    Jangan “ Main Gas ’’ berlebihan
saat melakukan perjalanan jaga agar motor berada dalam putaran mesin yang stabil atau konstan agar BBM yang dikonsumsi juga stabil. Buka tutup gas saat berakselerasi juga harus dilakukan dengan halus. Nah buat yang punya kebiasaan geber-geber motor tanpa alasan yang jelas harus mulai dikurangi ,Oke !
4.    Teknik Pengereman
Saat pengereman maksimalkan fungsi engine break ( mengerem dengan tenaga mesin), dengan begitu tidak ada usaha gerakan kendaraan yang dihentikan paksa oleh rem. Semakin halus pengereman semakin irit pula BBM yang dikonsumsi.
5.    Matikan Mesin Saat Berhenti
Saat berhenti sebentar saat lampu merah berhenti diperempatan sebaiknya matikan mesin motor. Sebenarnya pada sepeda motor yang sudah memiliki idling stop Sistem , bisa dilakukan secara otomatis.\
Tapi buat yang belum mengunakan Idling Stop Sistem , bisa secara manual mengandalkan lampu lalu lintas yang saat ini menggunakan timer. Sehinga kita dapat memperhitungkan berapa lama akan berhenti, jika masih lama sebaiknya matikan mesin motor dahulu.
                        Sekian cara cara menghemat bahan bakar saat di jalan . semoga bermanfaat untuk para pembaca blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar